Jumat, 11 November 2016

Kijang Innova Beda Kelas Dengan Ertiga


Di tengah maraknya pasar mobil jenis MPV di Indonesia, PT Toyota Astra Motor kembali meluncurkan Grand New Kijang Innova. Berbagai fitur praktis dan serbaguna siap menemani pengemudi dan penumpangnya. Terinspirasi dari namanya, Innovasi menjadi kunci dalam memberikan kenyamanan berkendara selama hampir dua dekade kehadirannya di pasar mobil tanah air. Begitu juga segmen menengah ke atas yang menjadi target pemasaran, menyiratkan betapa kompetitifnya harga di balik kualitas yang ditawarkan. Persaingan memperebutkan pangsa pasar pun mempertemukannya dengan Suzuki Ertiga yang secara kontinyu mempertahankan eksistensi melalui berbagai upaya promosi, raihan penghargaan, dan event-event berskala regional serta nasional.


Meski tergolong anak baru di pasar mobil jenis MPV, Ertiga telah membuktikan ampuhnya strategi produk dan bandrol harga yang secara signifikan merebut hati calon konsumen. Namun pengalaman dan lamanya eksistensi produk Toyota yang tersemat dalam kualitas Grand New Kijang Innova membutuhkan upaya ekstra untuk mengalahkannya. Eksterior Kijang Innova sudah sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. Tampak depan, samping, maupun belakang sudah cukup bagi mata awam untuk memastikan bahwa mobil yang dilihat adalah sebuah Kijang Innova. Balutan body shape yang aerodinamis dan tambahan New Front Personal Lamp dan Sunglass Holder pada type V menambah elegan kendaraan keluarga ini. Sementara Ertiga, meski sekilas terlihat mirip namun kurang aerodinamis.


Dengan dimensi yang menyaingi Innova, mobil ini lebih terlihat seperti bentuk Avanza. Aspek Interior tetap menjadi perhatian penting bagi Toyota dalam menghadirkan mobil keluarga yang nyaman dan memanjakan. Seluruh kursi penumpang dilengkapi dengan separated head rest, manual sliding and reclining. Khusus pengemudi, disediakan height adjuster. Pada dasarnya, material interior yang digunakan merupakan High Quality pilihan yang nyaman dengan kulit manusia dan menyerap partikel bebas yang tidak dibutuhkan. System pendinginan sudah otomatis karena menggunakan auto cooler dual blower pada type V, yang meningkatkan efisiensi pemakaian. Hampir semua kenyamanan dan mewahnya interior dalam Ertiga, dimiliki oleh Innova.

Namun perlu diingat bahwa selain lebih luasnya kabin dan penggunaan material pilihan high quality, beberapa fitur-fitur pendukung bagi pengemudi dan comfort Interior untuk penumpang dalam produk Toyota ini tidak dimiliki oleh Low MPV keluaran Suzuki. Untuk mengupas perbandingan performa Kijang Innova dan Suzuki Ertiga Indonesia harus mempertimbangkan seluruh aspek kinerja mesin dan fitur-fitur pendukung yang berkaitan dengan fungsi serta penggunaannya.

Kapasitas mesin yang berbeda, 1998 cc dan 1373 cc, jelas mempengaruhi tenaga dan seberapa banyak bahan bakar dikonsumsi. Begitu juga dengan mesin yang digunakan, 1TR-FE, 4-Cyl In-Line, DOHC, VVT-i EFI dan K14B, 4-Cyl In-Line, DOHC-VVT MPI, menyajian efisiensi bahan bakar yang berbeda. Meski memakai mesin berkapasitas lebih besar, Innova tetap lebih unggul dalam efisiensi bahan bakar karena memakai system VVT-i dan EFI, sementara dengan type mesin yang hampir sama, Ertiga belum memilikinya. Ketika berbicara mengenai sistem transmisi dan banyaknya varian yang diluncurkan, jelas terlihat bahwa Suzuki Ertiga Bukan Tandingan Grand New Kijang Innova.

 Fitur safety dan kenyamanan pada mobil, yang merupakan penyempurnaan kelincahan produk Toyota Kijang ini, lebih lengkap dibanding Ertiga. Pride of Happiness, begitulah slogan yang menggambarkan, betapa kebanggaan karena bahagia yang dikesankan saat mengendarainya. Dengan down force yang diperoleh dari bentuk body yang lebih aerodinamis, sangat nyaman saat melibas tikungan dan berkendara di jalur bebas hambatan. Sementara MPV andalan Suzuki, meski memiliki fitur-fitur canggih dalam hal safety dan comfortable cabin, tetap saja, belum dapat menandingi segudang pengalaman Toyota dalam menyematkan beberapa kelebihan yang memanjakan pengendara dan penumpangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar